0
Pada pemeriksaan fisik paru, salah satu tahap yang terpenting adalah pemeriksaan auskultasi yang bertujuan untuk menilai pergerakan udara pada jalan napas besar sampai sedang dan untuk membuat kesimpulan tentang jalan nafas, parenkim dan rongga pleura.

Apa itu Wheezing? Wheezing adalah Suara yang dapat terdengar baik pada saat inspirasi maupun ekspirasi bila terjadi inflamasi. Wheezing merupakan suara nafas dengan frekuensi tinggi dan nyaring yang terjadi karena adanya penyempitan jalan udara atau tersumbat sebagian. Obstruksi seringkali terjadi sebagai akibat adanya sekresi atau edema. Bunyi yang sama juga terdengar pada asma dan banyak proses yang berkaitan dengan bronkokonstriksi. Wheezing dapat dihilangkan dengan membatukkannya.
Pada umur dua tahun pertama, wheezing pada umumnya disebabkan oleh infeksi saluran respiratorik akut akibat virus, seperti bronkiolitis atau batuk dan pilek. Setelah umur dua tahun, hampir semua wheezing disebabkan oleh asma. 
Gejala asma sering timbul pada waktu malam dan pagi hari. Gejala yang di timbulkan berupa batuk-batuk pada pagi, siang, dan malam hari, sesak napas, bunyi saat bernapas (wheezing, rasa tertekan di dada, dan gangguan tidur karena batuk atau sesak napas. Gejala ini terjadi secara reversibel dan episodik berulang (Yayasan Asma Indonesia, 2008,  Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, 2006, Lewis et al., 2000). 
Nah, bagaimana Wheezing itu bisa terjadi? Mari kita lihat bagan berikut ini:
Dari bagan diatas, kita bisa pelajari bahwa wheezing bisa terjadi karena adanya faktor-faktor pemicu yang akan menyebabkan inflamasi pada saluran pernapasan. Inflamasi pernapasan tersebut dapat terdiri dari 3 hal yaitu: Produksi Mukus yang berlebih, Pembengkakan Dinding Otot Saluran Respirasi, dan Pembengkakan Membran Bronkus (Bronkodilator), yang akan menyebabkan menyempitnya saluran pernapasan. Bagaimana hubungan penyempitan saluran pernapasan dengan wheezing?
Ternyata, penyempitan saluran respirasi akan menyebabkan peningkatan kecepatan udara didalam saluran respirasi dan menghasillkan getaran dinding saluran respirasi dan terciptalah suara wheezing tersebut.

Posting Komentar

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.