0
Pada dasarnya, kanker disebabkan oleh mutasi gen yang terjadi dipengaruhi oleh berbagai faktor resiko dari lingkungan. Penyebab kanker disebut sebagai Karsinogenik.
3 hal dibawah ini merupakan agen-agen karsinogenik:

1. Karsinogen Kimia
Karsinogen kimia mempunyai kelompok elektrofil reaktif yang tinggi yang langsung merusak DNA dan menimbulkan mutasi kemudian terjadilah kanker. Setelah paparan suatu sel kepada suatu mutagen atau proses inisiator, tumorigenesis akan meningkat dengan paparan pada promotor, yang akan merangsang proliferasi sel yang telah mengalami mutasi.

2. Karsinogen Radiasi
Sumber radiasi apapun seperti UV dari sinar matahari, sinar X, "nuclear fission radionuclides" merupakan karsinogen yang telah terbentuk. Biasanya, kanker paru sering terjadi pada pekerja tambang elemen radioaktif tanpa alat pelindung, lalu peningkatan penderita leukemia bagi orang-orang yang tetap hidup setelah tragedi bom atom Hiroshima dan Nagasaki. Sementara untuk sinar UV sendiri, bisa menyebabkan melanoma (kanker kulit) yang disebabkan sinar UV menginduks DNA dan mengakibatkan mutasi.

3. Onkogenesis oleh Virus dan Mikroba
Contoh virus limfotropik sel T manusia (HTLV-1) menyandi protein virus TAX yang akan mengaktifkan gen untuk sitokin dan reseptornya pada sel T yang telah terinfeksi. TAX juga dapat melakukan penekanan fungsi beberapa gen supresor yang mengatur siklus sel, termasuk TP53.

Berikut adalah beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan meningkatnya resiko kanker:
  • merokok, 
  • gaya hidup (pola diet dan olah raga), 
  • riwayat keluarga (faktor keturunan), 
  • minuman beralkohol,
  • makanan berlemak tinggi,
  • sering terpapar bahan-bahan kimia yang dapat memicu kanker merupakan faktor-faktor resiko di tempat kerja dan lingkungan tempat tinggal.

Bagaimana rokok berpengaruh terhadap resiko dan menjadi penyebab kanker?

Jika saat ini Anda merokok, yang terbaik adalah segera menghentikan kebiasaan buruk ini. Ini adalah salah satu faktor dominan terjadinya kanker. Rokok adalah penyebab kanker paru-paru yang utama, juga menjadi penyebab kanker pangkal tenggorokan (pita suara), kanker mulut dan esofagus. Selain itu juga dapat meningkatkan resiko kanker pada bagian tubuh yang lainnya. Semakin lama Anda merokok, semakin banyak kerusakan tubuh yang ditimbulkan, salah satunya adalah resiko tinggi terkena kanker. Seorang perokok yang menghabiskan 2 bungkus rokok per hari atau lebih, 20 kali lebih beresiko terkena kanker dibandingkan mereka yang bukan perokok.

Bagaimana riwayat keluarga berpengaruh terhadap resiko kanker?

Memang beberapa jenis kanker dipengaruhi oleh faktor keturunan. Selain itu pada ras atau etnis tertentu, memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan lainnya terhadap beberapa jenis kanker. Biasanya dokter akan menanyakan apakah ada anggota keluarga Anda yang mengidap kanker. Jika ada salah satu anggota keluarga terdekat (orang tua, kakak atau adik, anak) mengidap kanker, maka Anda dapat memiliki resiko tinggi juga.

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan dan Anda tidak bisa merubah riwayat keluarga Anda, namun itu dapat menjadikan Anda dan keluarga untuk lebih mewaspadai resiko kanker. Jika Anda mengetahui bahwa salah satu anggota keluarga Anda mengidap kanker, Anda harus lebih waspada terhadap gejala sekecil apapun yang timbul. Ini penting karena, semakin dini terdeteksi, maka semakin mudah untuk menanggulanginya. Contohnya, jika Anda perempuan, dan ada riwayat anggota keluarga yang mengidap kanker payudara, maka mungkin dokter akan menyarankan Anda untuk segera melakukan mammogram sedini mungkin.

Bagaimana dengan resiko kanker di tempat kerja atau lingkungan tempat tinggal?

Jika Anda bekerja dengan berbagai macam zat kimia yang dapat memicu atau menjadi penyebab kanker, seperti asbes, zat pelarut kimia dan cairan pembersih, asap atau uap bahan bakar dan lain sebagainya, pastikan Anda memakai pelindung dan perlengkapan keamanan lainnya.
 

Posting Komentar

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.