2
Protein adalah salah satu makronutrien selain Karbohidrat dan Lipid. Protein sangat penting bagi tubuh manusia, protein sebagai sumber energi kedua setelah karbohidrat. kita dapat memperoleh protein dari dua sumber, yaitu protein hewani dan nabati. Protein hewani contohnya adalah telur, ikan, daging sapi, kambing ataupun ayam, dsb. Sementara protein nabati dapat kita peroleh dari kacang-kacangan terutama kacang kedelai. Protein yang baik adalah protein hewani. Mengapa? Itu disebabkan oleh kandungan protein hewani yang memiliki asam amino lengkap dibandingkan protein nabati yang tidak lengkap asam aminonya. Namun, kita masih bisa menyeimbangkan nutrisi didalamnya dengan protein nabati meskipun kadar proteinnya tetap tidak seperti protein hewani.

Apabila kita mengonsumsi protein, maka tubuh akan memcahnya menjadi asam amino. Adapun organ yang memroses protein pertama kali adalah Gaster.

Didalam gaster terdapat beberapa enzim dan HCl yang akan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.Lalu dilanjutkan dengan duodenum dan pankreas. Berikut adalah proses pencernaan dan penyerapan asam amino kedalam lumen intestinal:

Jadi, didalam lumen intestinal asam amino akan melewati membran dan dipecah menjadi oligopeptida, dipeptida, maupun tripeptida. Setelah itu akan memasuki Sitoplasma dengan enzimnya adalah Prolidase, Dipeptidase dan Tripeptidase.

Posting Komentar

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.