0
Karbohidrat adalah salah satu makronutrien yang selanjutnya. Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh. Adapun sumber karbohidrat adalah padi-padian atau serealia, umbi-umbian, kacang kering, dan gula. Kita dapat memperoleh karbohidrat dari sumber makanan yang kita konsumsi sehari-harinya sebagai makanan pokok kita, yaitu nasi ataupun sagu dan jagung. Contoh olahan lainnya seperti mie, roti, selai, sirup, dsb. Bahan makanan hewani yang mengandung kaya protein seperti ayam, daging, maupun telur mengandung sedikit karbohidrat. 

Karbohidrat dibagi atas beberapa klasisfikasi berdasarkan unit gula dalam molekulnya:
1) Monosakarida
    terdiri atas glukosa yang dapat diperoleh dari gula jagung, fruktosa dari buah, dan galaktosa dari susu.

2) Disakarida (2 molekul monosakarida)
    terdiri atas sukrosa yang dapat diperoleh dari gula pasir, maltosa pada umbi-umbian, dan laktosa dari susu.
3) Oligosakarida (>10 molekul monosakarida) 
4) Polisakarida (3-10 molekul monosakarida)
    terdiri dari amilum/pati yang diperoleh dari roti, glikogen yang disimpan dalam hati dan otot, serta selulosa yang didapat dari serat makanan dan sagu.

 
Berikut ini adalah proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat: pertama-tama, tidak seperti protein, karbohidrat mengalami pencernaan pertamanya didalam mulut dengan enzim amilase yang memecah amilum menjadi dekstrin dan apabila lebih lama lagi dikunyah didalam mulut maka akan dihidrolisa lagi menjadi maltosa. Sebagian besar pencernaan karbohidrat terjadi didalam usus halus. Monosakarida glukosa, fruktosa, dan galaktosa akan diabsorpsi melalui sel epitel usus halus dan diangkut melalui sistem sirkulasi darah melalui vena porta lalu dibawa ke hati, dimana semua fruktosa dan galaktosa akan diubah menjadi glukosa. Semua disakarida akan dipecah menjadi glukosa dan akan disimpan didalam tubuh dalam bentuk glikogen yang bisa kita temukan di otot dan dihati. 

Bila persediaan glukosa darah menurun, hati akan mengubah sebagian dari glikogen menjadi glukosa dan mengeluarkannya dalam aliran darah. Glukosa ini akan dibawa darah ke seluruh bagian tubuh yang memerlukan seperti otak, sistem saraf, jantung, dan lainnya. Jaringan adipose juga menyimpannya sebagai energi untuk keperluan otot saja dan tidak dapat dikembalikan sebagai glukosa dalam darah.

Posting Komentar

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.