1
Lipid adalah makronutrien yang terakhir. Lipid atau yang biasa kita sebut sebagai lemak adalah cadangan energi setelah karbohidrat dan protein tak cukup digunakan sebagai energi. Berdasarkan fungsi biologisnya, lemak dapat diklasifikasikan menjadi:
1) Lemak Simpanan, terdiri dari trigliserida dan disimpan di dalam jaringan. Lemak ini merupakan simpanan energi paling utama di dalam tubuh.
2) Lemak Struktural, terdiri atas fosfolipid dan kolesterol.

Proses pencernaan dan penyerapan lemak adalah sbb: Trigliserida harus dipecah menjadi gliserida dan asam lemak sebelum dapat diabsorpsi. Sebagian besar orang dewasa dapat mengabsorpsi lemak sebanyak 95% sedangkan 5% sisanya masuk kedalam kolon dan akan dikeluarkan dari tubuh sebagai feses melalui anus. Didalam mulut, kelenjar ludah mengeluarkan enxim lipase lingual dan pada usus halus, asam empedu mengemulsikan lemak.

Lipase berasal dari pankreas dan dinding usus halus menghidrolisis lemak dalam bentuk emulsi menjadi digliserida, monogliserida, gliserol dan asam lemak. Fosfolipase berasal dari pankreas menghidrolisis fosfolipid menjadi asam lemak dan lisofosfogliserida. Kolesterolesterase berasal dari pankreas menghidrolisis ester kolesterol.


Macam-macam sumber lipid beserta kandungan lemaknya:


Posting Komentar

wah sangat bermanfaat mbak. bisa buat bahan SGD. makasih ya mbak..

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.