0
Neoplasma adalah pertumbuhan sel baru yang tidak terkontrol. Neoplasma atau yang lebih dikenal di masyarakat awam adalah tumor, dan cabang ilmu yang mempelajarinya adalah Onkologi. Neoplasma dapat dibagi menjadi jinak dan ganas. Pembagian ini disebabkan oleh 4 hal, yaitu:
1. Diferensiasi dan Anaplasia
Diferensiasi adalah perbandingan antara sel neoplastik dengan sel normal. Semakin mirip dengan sel normal, maka semakin baik diferensiasinya. Tumor jinak adalah yang mengalami diferensiasi yang baik (well-differentiated). 
2. Kecepatan Pertumbuhan
3. Invasi Lokal
4. Metastasis
Berdasarkan ke-4 hal tersebut, berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Tumor ganas akan berkembang menjadi Kanker. Kanker bisa disebabkan oleh bermacam-macam, yang paling utama adalah Mutasi Gen. 3 penyebab kanker yaitu (1) Radiasi seperti sinar UV, sinar-X, dan sinar-Gama; (2) Bahan Kimia, keduanya akan menyebabkan mutasi gen; dan yang ke (3) Virus Onkogenik tertentu yang akan menambahkan gen baru di sel normal. 

Onkogen dan Tumor Suppresor Gene juga berperan penting menyebabkan kanker, namun kerjanya berlawanan. Onkogen akan menyandi protein yang memicu perkembangan sel kanker sementara Tumor Supresor Gen yang terhambat akan mengurangi aktivitasnya yang berfungsi untuk menekan pertumbuhan gen yang berlebih. Namun dengan adanya mutasi, maka tumor supresor gen akan terinaktivasi.

Banyak Kanker dapat dicegah dengan mengubah faktor resiko, adapun beberapa faktor resiko yang dapat kita ubah adalah mengurangi rokok, meningkatkan aktivitas fisik, mengontrol berat badan, memperbaiki diet, dan menghindari alkohol.

Posting Komentar

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.