0
Ketika suatu sel mengalami cedera atau yang telah kita bahas sebelumnya adalah proses inflamasi, terjadinya proses kerusakan sekaligus penyiapan sel yang bertahan hidup untuk melakukan replikasi. Jaringan akan berusaha memperbaiki dirinya kembali seperti semula, proses inilah yang dinamakan dengan Pemulihan Jaringan. Umumnya, pemulihan jaringan melibatkan dua proses, yaitu Regenerasi Jaringan dan Fibrosis. Sebenarnya, keduanya mengalami mekanisme yang serupa yaitu migrasi, proliferasi, diferensiasi sel, dan sintesis matriks. Perbedaannya adalah ECM yang dibutuhkan untuk berinteraksi, apabila ECM telah dihancurkan jejas, jaringan hanya dapat pulih melalui fibrosis.

Regenerasi Jaringan adalah suatu proses tergantinya jaringan periradikuler yang telah berubah menjadi jaringan asli secara sempurna dan dengan susunan serta fungsi seperti semula. Contohnya: luka yang terjadi hanya pada superfisial kulit dan hanya di epidermis. Dapat sembuh dan kembali seperti semula dengan regenerasi jaringan karena sel epitel, endotel, dan jaringan ikat bisa diproduksi.

Fibrosis adalah pembentukan jaringan parut dimana terjadinya suatu proses regenerasi jaringan yang gagal sehingga pembentukan kolagen yang terlalu berlebih dan tidak seimbang akan membentuk suatu jaringan parut contohnya yaitu Keloid.

Pemulihan Jaringan bergantung pada 3 jenis sel berikut:


Posting Komentar

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.