0

Imunitas adalah kemampuan tubuh  untuk melindungi tubuhnya sendiri dengan  menahan atau menghilangkan benda asing (seperti bakteri atau virus) atau sel abnormal (sel kanker) yang berpotensi merugikan.
  Poin-poin penting aktivitas Sistem Imun:
1.Pertahanan melawan patogen invasif (mikroorganisme penyebab penyakit);
2.Menyingkirkan sel dan jaringan yang rusak oleh trauma atau penyakit, penyembuhan luka, dan perbaikan jaringan;
3.Mengenali dan menghancurkan sel abnormal yang berasal dari tubuh. Fungsi ini dinamakan pengawasan imun, yaitu mekanisme pertahanan internal utama terhadap kanker.
Sistem Imun adalah serangkaian jaringan, organ, dan sel-sel yang bekerja untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing. Jaringan Limfoid merupakan salah satu yang sangat berperan penting terhadap Sistem Imun. Berikut adalah fungsi Jaringan Limfoid yang saya kutip dari buku Fisiologi Sherwood Edisi 8:


Sistem Imun dapat menghasilkan Respon Imun. Respon Imun terbagi menjadi 2, yaitu Sistem Imun Spesifik dan Sistem Imun Nonspesifik. Berikut adalah perbedaan dari keduanya:
 

Posting Komentar

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.